Rabu, 30 Oktober 2013

Rakyat Palestina Sambut Pembebasan 26 Tahanan Oleh Israel

Rakyat Palestina pada Rabu (30/10/2013), menyambut gembira pembebasan 26 tahanan oleh Pemerintah Israel. Pembebasan 26 tahanan asal Palestina itu merupakan yang kedua, dari empat tahap seperti kesepakatan dalam perundingan damai Israe dan Palestina.

Perayaan penyambutan pembebasan 26 tahanan asal Palestina itu berlangsung di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Di mana para tahanan itu berasal. Mereka disambut sebagai pahlawan Palestina yang berjuang untuk kemerdekaan negara itu.


Selain keluarga, para pemimpin Palestina ikut menyambut pembebasan ke-26 tahanan tersebut. ”Kami menyapa dan menyambut saudara-saudara kami, dan kami mengkonfirmasi bahwa mereka akan kembali ke rumah mereka dan tempat lain,” kata Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dalam pidato di hadapan kerumunan massa di Tepi Barat, Ramallah, seperti dikutip Reuters, Rabu (30/10/2013).

”Hari ini kita berbicara tentang 104 tahanan, dan perjalanan kita tidak akan selesai sampai semua sisa tahanan dibebaskan,” ujar Abbas. ”Tidak akan ada kesepakatan, sementara masih ada seorang tahanan yang masih berada di balik jeruji besi.”

Pembebasan para tahanan asal Palestina oleh Pemerintah Israel, merupakan salah satu butir kesepakatan perundingan damai yang disponsori Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry. Perundingan damai kedua negara itu, telah terhenti sejak 2008 silam.

Dalam butir perundingan itu, setidaknya 104 tahanan asal Palestina harus dibebaskan dalam empat tahap, dalam waktu beberapa bulan ke depan. Di Tepi Barat dan Gaza, ratusan kerabat dan simpatisan menyambut pembebasan para tahanan itu. Mereka telah ditahan lebih dari 20 tahun di penjara Israel.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Anda Pengunjung Ke

Labels

AGAMA (3) ANEH (6) B. ARAB (2) B. INGGRIS (1) BERITA (9) EKONOMI (2) GEOGRAFI (4) ILMU (2) LUCU (2) OLAHRAGA (6) PUISI (2) Software (2) TAFSIR AHKAM (1) Timur Tengah (4) TIPS (7) TOP 10 (4) UNIK (11)